Selasa, 04 Januari 2011

Biologi Dasar

Spesies adalah organisme yang hanya menurunkan jenis yang sama selama kurun waktu tertentu. kelompok populasi secara alamiah dan aktual/memiliki potensial populasi, pada reproduksi baik terpisah/isolasi maupun kelompok.
Populasi adalah kelompok organisme yang terdiri dari suatu spesies dan dapat berproduksi pada suatu area yang sama. 

Komunitas adalah kelompok beberapa populasi organisme yang hidup menempati serta saling ketergantungan satu dengan lainnya pada suatu area yang sama.

Ekosistem adalah hubungan antara populasi organisme:
Hubungan antara populasi organisme (komponen biotik) dengan lingkungan (komponen biotik)  dimana terjadi interaksi dan saling ketergantungan satu dengan yang lainnya serta adanya jaring-jaring makanan. setiap ekosistem adalah unit fungsional antara aliran nutrien dan energi, antara komponen abiotik dan komunitas abiotik, jadi bila dalam ekosistem salah satu komponen berubah akan merubah komponen yang lain. 
tingkat makanan merupakan pola aliran energi dan nutrien pada suatu ekosistem, meliputi : rantai makanan, multi jalur makanan, dan jaring-jaring makanan. 
contoh rantai makanan tanaman --> serangga-->katak-->ular-->elang-->bakteri
contoh multi jalur makanan bunga-->burung-->kucing-->elang dan bunga-->beruang madu-->parasit--> konsumen lain.
serta jaring-jaring makanan adalah rantai makanan yang kompleks membentuk pola tertentu.

 
Ekosistem perairan yang merupakan 75% dari permukaan bumi yakni, 71% berupa laut dan lautan, 29% berupa perairan tawar seperti danau, kolam, sungai, kolam, serta estuarin (pertemuan antara air tawar dan air laut). Habitat lautan 71% berupa air laut dari total perairan di Bumi. Salah satu ekosistem besar dengan homogenitas yang konstan, karena adanya arus yang kontinyu (continue).

Laut terbuka merupakan ekosistem laut yang dapat berupa laut dangkal sekitar benua, pulau dan atol serta daerah interdal (pasang surut yang tegas) yakni zona pelagis (daerah permukaan). berbeda dengan perairan pantai yang merupakan pemusatan daerah laut dangkal seperti zona meritic yang melimpah akan cahaya matahari, nutrien, dan aliran daratan sekitar. pengaruh gelombang, angin dan pola pasang surut (distribusi nutrien).
Aliran air atau disebut lotik dari daerah hulu kehiir pada permukaan daratan. aliran ini dapat mengakibatkan terjadinya erosi dan sedimentasi. Danau dan kolam mempunyai karakteristik air menggenang atau disebut lentik.

suksesi primer adalah punahnya organisme pada suatu lingkungan dalam jangka waktu yang lama akibat perubahan alam yang dahsyat seperti letusan gunung api, tanah longsor, endadpan lumpur yang bermuara disungai, dan endapan pasir di pantai. gangguan lain dapat disebabkan oleh manusia seperti penambangan timah, batubara, dan minyak dibumi. sedangkan suksesi sekunder adalah terjadi bila suatu komunitas mengaalami gangguan baik secara alami maupun buatan. Gangguan tersebut tidak mengalami kerusakan total tempat tumbuh organisme sehinnga dalam komunitas tersebut substrat lama dan kehidupan masih ada. contoh gangguan alam seperti banjir, gelombang laut, kebakaran, angin kencang serta gangguan buatan seperti penebangan hutan dan pembakaran padang rumput dengan sengaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar